Login

Mau Beli Mobil Bekas Murah Berkualitas? Ini 5 Hal yang Perlu Diperhatikan

16 Oct 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/asian-saleswoman-recieving-credit-card-couple-1391823209

Membeli kendaraan seperti mobil memang membutuhkan anggaran yang cukup besar jika dibandingkan dengan pos keuangan lain. Jika Sobat memiliki dana terbatas, membeli mobil bekas bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Sebab, meskipun kondisi mobil bekas tidak sesempurna unit yang baru keluar dari pabrik, namun fungsi dan performanya masih layak dan bisa diandalkan.

Berburu mobil bekas murah memang bukan perkara mudah karena ada beberapa faktor yang perlu Sobat perhatikan, apalagi jika Sobat tidak memiliki banyak pengalaman dan informasi mengenai mobil bekas. Jangan khawatir, karena kami sudah merangkum informasi mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas agar tidak salah pilih.

1. Sesuaikan Anggaran dan Kebutuhan

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat ingin membeli mobil bekas murah berkualitas adalah kemampuan finansial yang Sobat miliki. Jika anggaran yang tersedia ada di sekitar Rp100 juta maka Sobat tidak perlu melihat pilihan mobil dengan harga yang jauh di atas angka tersebut. Anggaran ini juga akan mempengaruhi kondisi mobil yang ditawarkan, Sobat bisa mendapatkan mobil dengan kondisi baik dengan harga yang biasanya lebih tinggi. Jadi pikirkan lah secara matang berapa budget yang akan dikeluarkan.

Jenis mobil juga perlu Sobat sesuaikan dengan kebutuhan, misal untuk kebutuhan bepergian bersama keluarga, Sobat bisa membeli mobil keluarga dengan jenis minivan yang memiliki ruang interior besar dan mampu menampung hingga 7 orang penumpang.

2. Periksa Kondisi Mobil

Sedang dalam proses mencari mobil bekas murah berkualitas? Sobat harus memeriksa kondisi mobil dengan lebih teliti, mulai dari interior, eksterior hingga body kendaraan perlu diperhatikan dengan seksama. Kondisi eksterior mobil adalah hal pertama yang bisa Sobat cek, jika kondisi eksterior terlihat relatif mulus berarti mobil tidak pernah menabrak atau terlibat kecelakaan. Selain itu, pastikan juga kondisi cat apakah masih bagus atau butuh untuk diperbaiki, biasanya mobil yang berusia tua memiliki kualitas cat yang sudah menurun.

Sobat juga bisa memeriksa kondisi mesin mobil, dan dapat memperhatikan spare part apakah masih berkualitas bagus dan keluaran pabrik serta sesuai dengan dokumen. Sobat bisa mengajak teman atau kerabat yang memiliki pengalaman lebih soal mobil atau mekanik untuk memeriksa lebih mendalam.

3. Cek Histori Mobil

Saat sobat bertemu dengan pemilik mobil bisa menanyakan banyak hal terkait riwayat penggunaan, kondisi, dan perawatan yang biasa dilakukan. Riwayat servis rutin adalah salah satu indikator baik atau buruknya kondisi mesin, jika servis selalu rutin dilakukan biasanya kondisi mobil akan tetap prima meski berusia agak tua.

Selain itu coba pastikan bagaimana aktivitas harian pengguna sebelumnya menggunakan mobil tersebut, jika sering dipakai jarak jauh atau digunakan di area dengan kondisi jalanan yang buruk Sobat perlu lebih teliti memeriksa kondisi keseluruhan mobil. Namun, jika mobil biasa digunakan di area perkotaan padat dengan jarak tempuh rendah sobat perlu melihat kondisi bodi apakah banyak goresan atau tidak.

Nah, buat Sobat yang sedang mencari pembiayaan mobil untuk membeli mobil bekas murah, Sobat bisa memilih produk Pembiayaan Carfin dari SMS Finance. Prosesnya tergolong cepat dan menawarkan tenor yang fleksibel hingga 4 tahun.

4. Cek Kelengkapan Surat

Untuk menghindari kesulitan saat mengurus dokumen di kemudian hari sobat perlu memastikan semua dokumen komplit. Pastikan keaslian dokumen dengan mencocokkan nomor yang ada di dokumen dengan yang ada di fisik mobil. Jangan sampai tergoda mobil bekas murah tapi ternyata dokumen yang dimiliki palsu atau terjebak dalam urusan pencurian.

5. Cari Kredit Ringan

Jika Sobat tidak bisa membeli mobil bekas murah secara tunai itu bukanlah masalah karena bisa membelinya secara kredit. Kredit mobil bekas murah berkualitas merupakan pilihan yang tepat untuk segera memiliki mobil untuk dipakai sekeluarga.

Siapkan semua dokumen yang diminta dan segera ajukan proses pembiayaan ke SMS Finance dengan syarat yang mudah dan proses yang cepat. Di mana pun Anda berada Sobat tetap bisa mengajukan pembiayaan karena SMS Finance memiliki cabang di berbagai wilayah Indonesia. Download segera aplikasi SMS Finance di Google Play Store.