Login

Cara Bayar Pajak Mobil Secara Online

15 Nov 2023

https://www.shutterstock.com/id/image-photo/young-asian-woman-many-expense-bills-2084466439

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, saat ini hampir semua aktivitas bisa dilakukan dari rumah. Mulai dari sekolah, bekerja, hingga melakukan pembayaran semuanya bisa dilakukan dari rumah. Tidak terkecuali, membayar pajak mobil secara online. Jika dahulu Sobat harus pergi ke SAMSAT atau Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap lalu antre berjam-jam untuk membayar pajak, sekarang prosesnya bisa jadi lebih cepat dan efisien.

Jika Sobat mengendarai kendaraan yang belum dibayar pajaknya akan ada risiko tilang yang bisa didapatkan jika terkena razia. Selain itu Sobat harus memperhatikan ketepatan waktu dalam membayar pajak karena jika terlambat Sobat bisa mendapatkan denda yang cukup besar hingga lebih dari 25% dari besaran pajak yang harus dibayarkan. Nah, buat Sobat yang ingin bayar pajak secara online tapi bingung caranya, jangan khawatir karena kami akan berikan penjelasan mengenai cara bayar pajak mobil secara online agar tidak terkena denda.

Aplikasi Samsat

Cara bayar pajak mobil secara online yang sering orang lakukan adalah dengan membayarnya melalui Aplikasi Samsat Online Nasional. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi dari pemerintah untuk memudahkan masyarakat dengan membayar pajak secara online. Untuk melakukan pembayaran pajak di aplikasi Samsat Online Nasional Sobat ikuti beberapa langkah berikut:

1. Download aplikasi SIGNAL atau Samsat Digital Nasional di ponsel Sobat melalui App Store untuk pengguna iOS atau Play Store untuk pengguna Android

2. Setelah selesai mengunduh buka aplikasi lalu pilih Mulai dan pilih menu Pendaftaran.

3. Selanjutnya isi data yang diminta sesuai dokumen kendaraan seperti NRKB / Nomor Polisi, Nomor KTP, Nomor Rangka, Nomor Ponsel yang aktif, dan e-mail.

4. Setelah data sudah masuk aplikasi akan menunjukkan sejumlah informasi terkait kendaraan sesuai data yang dimasukkan.

5. Setelah informasi kendaraan cocok maka akan muncul kode pembayaran yang dibutuhkan untuk membayar dengan transfer bank.

Metode Pembayaran yang Bisa Digunakan

Jika Sobat telah mendapatkan kode pembayaran dari aplikasi SIGNAL, terdapat beberapa metode yang bisa Sobat gunakan untuk melakukan pembayaran, seperti:

Melalui Bank 

Salah satu cara bayar pajak mobil secara online yang umum dilakukan oleh masyarakat di rumah adalah dengan memanfaatkan layanan ATM/internet banking. Sobat dapat menggunakan ATM maupun melalui akun internet banking dan mencari opsi pembayaran pajak atau tagihan. Setiap bank memiliki nama pembayaran tagihan dan interface yang berbeda, tapi kamu bisa pilih bagian pembayaran pajak.

Melalui E-Wallet

Tren penggunaan teknologi keuangan seperti e-wallet atau dompet digital semakin populer di kalangan masyarakat khususnya generasi muda. Metode pembayaran melalui e-wallet juga tersedia di aplikasi Signal nih Sobat. Jika Sobat pengguna e-wallet aktif seperti GoPay, Shopee, atau DANA, Sobat dapat memanfaatkannya untuk melakukan pembayaran pajak mobil. Cara bayar pajak mobil secara online dengan e-wallet sangat praktis.

Selain melalui layanan resmi Samsat yaitu aplikasi Signal, Sobat juga bisa melakukan pembayaran pajak melalui fintech pajak, di bawah ini untuk penjelasannya ya:

Melalui Fintech Pajak

Selain layanan resmi dari Samsat, ada juga platform fintech pajak yang menyediakan layanan pembayaran pajak kendaraan secara online. Platform ini biasanya bekerja sama dengan instansi terkait, seperti Samsat atau bank, untuk memfasilitasi pembayaran pajak. Sobat dapat mengakses platform fintech pajak tersebut melalui situs web atau aplikasi mobile, dan kemudian mengikuti instruksi yang diberikan untuk melakukan pembayaran pajak mobil.

Nah, sekarang Sobat jadi tahu cara bayar pajak mobil secara online yang bisa dilakukan di rumah. Ingin membeli mobil bekas tapi memiliki dana terbatas? Sobat tidak perlu khawatir karena Sobat bisa mengajukan pembiayaan dari lembaga keuangan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni SMS Finance. Prosesnya juga terbilang cepat dengan persyaratan mudah.