Login

Mau Nyicil Mobil Bekas? Ini 5 Hal yang Perlu Dicek Sebelum Beli

26 Oct 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/car-dealership-asian-woman-receiving-key-1832622196

Memiliki sebuah mobil kini bukan lagi barang mewah melainkan dapat menjadi sebuah kebutuhan. saat ini banyak solusi untuk membeli mobil dengan dana terbatas yakni dengan membeli mobil bekas secara kredit atau mencicil. Kredit mobil bekas merupakan alternatif buat Sobat yang ingin memiliki mobil dengan dana terbatas.

Dengan mencicil mobil, beban finansial yang muncul saat membeli mobil bisa terbagi ke dalam beberapa tahun ke depan melalui sistem cicilan. Ada niatan untuk membeli mobil bekas secara kredit? Berikut kami akan berikan tips nyicil mobil bekas agar Sobat tidak salah pilih.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Saat Sobat memilih nyicil mobil bekas, pastikan Sobat sudah memiliki bayangan bagaimana mobil tersebut akan digunakan, seperti untuk keluarga atau pemakaian pribadi. Untuk pemakain keluarga, Sobat sebaiknya memilih mobil dengan kapasitas penumpang yang besar sehingga bisa menampung banyak orang. Sedangkan untuk pemakaian pribadi Sobat bisa memilih jenis city car yang lincah karena ukurannya yang lebih kecil.  Jika Sobat memiliki kebutuhan spesifik seperti mobil untuk bisa dipakai di area alam, Sobat bisa mencari mobil yang memang dibuat untuk keperluan off-road.

2. Beli Mobil Sesuai Budget

Budget adalah hal yang paling berpengaruh pada pemilihan mobil. Jika Sobat memiliki anggaran yang cukup tinggi maka Sobat bisa membeli mobil dengan usia yang muda dengan kondisi yang cukup baik. Namun, jika anggaran Sobat terbatas Sobat bisa nyicil mobil dengan mencari pilihan mobil lebih tua namun tetap berkualitas.

Satu hal yang perlu ditekankan adalah jangan memaksakan membeli mobil dengan harga tinggi di luar budget karena akan membuat proses nyicil mobil bekas setiap bulannya semakin berat. Lebih baik beli mobil bekas sesuai budget agar tidak mengalami kesulitan saat membayar. Nah, buat Sobat yang sedang mencari pembiayaan mobil untuk membeli mobil bekas berkualitas, Sobat bisa memilih produk Pembiayaan Carfin dari SMS Finance. Prosesnya tergolong cepat dan menawarkan tenor yang fleksibel hingga 4 tahun.

3. Periksa Kondisi

Meskipun kondisi mobil sudah pernah digunakan, mobil bekas masih bisa memberikan performa yang baik. Oleh karena itu, pengecekan mobil bekas secara menyeluruh merupakan hal yang vital bagi calon pembeli mobil. Pastikan kondisi eksterior masih mulus dan tidak ada lecet atau penyok yang begitu jelas dan mengganggu.

Selain eksterior, interior juga harus dalam kondisi yang baik, hindari mobil yang terlihat seperti bekas banjir atau dengan kondisi tempat duduk yang sudah robek atau tidak layak. Jangan lupa mesin juga harus dalam kondisi baik dan tidak pernah rusak berat atau turun mesin, karena Sobat akan mengeluarkan banyak biaya jika mesin mobil sudah pernah rusak parah.

4. Lakukan Simulasi Kredit

Sebelum memilih untuk nyicil mobil bekas, sebaiknya Sobat melakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa besaran uang yang harus Sobat keluarkan, baik itu untuk keperluan DP, cicilan per bulan, hingga mengetahui tenor cicilan. Dengan melakukan simulasi kredit, Sobat jadi dapat memilih mobil yang benar-benar sesuai kebutuhan.

Nah, buat Sobat yang sedang mencari pembiayaan mobil untuk membeli mobil bekas, Sobat bisa memilih produk Pembiayaan Carfin dari SMS Finance. Prosesnya tergolong cepat dan menawarkan tenor yang fleksibel hingga 4 tahun.

5. Cari Pembiayaan atau Showroom Terpercaya

Selain melakukan pengecekan pada kondisi mobil dan melakukan simulasi kredit, satu hal yang Sobat harus lakukan sebelum nyicil mobil adalah mencari showroom dan pembiayaan terpercaya. Pilih perusahaan yang memiliki riwayat atau track record yang baik untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Coba baca review di internet atau tanya rekomendasi dari teman yang memang memiliki pengalaman dalam membeli mobil bekas.

Itulah 5 hal yang perlu Sobat perhatikan sebelum nyicil mobil bekas di leasing atau perusahaan pembiayaan. Buat Sobat yang sedang mencari pembiayaan untuk mobil bekas atau keperluan lain bisa memilih SMS Finance . Sebab, SMS Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang keren hingga ke pelosok negeri. Prosesnya juga terbilang cepat dan aman karena diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).