Login

Tergoda Promo Kredit Mobil Murah? Ini yang Diperhatikan sebelum Beli

26 Oct 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/young-beautiful-asian-women-buying-new-2082603451

Saat ini, mobil menjadi kebutuhan bagi sebagian keluarga di Indonesia, baik untuk mengantar anak ke sekolah hingga untuk transportasi ke kantor. Walaupun sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, banyak orang tidak bisa membeli mobil secara tunai karena harganya cenderung tidak murah. Oleh karenanya, membeli mobil secara kredit menjadi salah satu opsi yang dipilih, belum lagi banyak yang menawarkan promo kredit mobil murah yang semakin menarik minat calon pelanggan.

Agar tidak terjebak promo yang menyesatkan, ada beberapa hal yang harus Sobat ketahui terlebih dahulu. Apa saja? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Periksa Kondisi Finansial Anda

Sebelum Sobat memutuskan membeli mobil karena tergoda promo kredit mobil murah, ada baiknya Sobat menghitung arus kas keuangan Sobat, hal ini dapat dimulai dengan menghitung berapa pemasukan, berapa pengeluaran setiap bulan hingga detail pengeluaran yang harus dikeluarkan. Hal ini penting untuk mengetahui apakah Sobat sudah siap menerima beban finansial baru atau tidak. Sebaiknya jangan memaksakan untuk membeli mobil jika ternyata kondisi keuangan Sobat belum baik.

Usahakan Jumlah Semua Angsuran Tidak Lebih dari 30%

Taukah Sobat, menurut beberapa pakar personal finance, sebaiknya Sobat memiliki cicilan tidak lebih dari 30% pemasukan setiap bulan. Besaran angsuran ini tidak untuk satu angsuran tapi juga termasuk angsuran lain yang sudah ada sebelumnya jadi Sobat tidak akan mengalami kesulitan untuk membayar dan memenuhi kebutuhan rumah lainnya.

Sebagai contoh Sobat memiliki gaji sekitar Rp10 juta per bulan maka total cicilan maksimal

tidak lebih dari Rp3 juta agar arus keuangan Sobat tetap ideal.

Memiliki Simpanan Dana Darurat

Salah satu pos keuangan yang sebagian orang sering lupakan adalah memiliki dana darurat. Padahal dana darurat sangat penting untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Kita tidak pernah tahu risiko apa yang akan terjadi di masa depan, misalnya mobil mogok di tengah jalan dan butuh biaya derek atau servis. Dengan memiliki dana darurat Sobat akan merasa aman jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, lalu uang angsuran mobil tidak terganggu jadi Sobat bisa tetap membayar dengan tepat waktu.

Pahami Skema Kredit

Setiap lembaga penyedia pinjaman memiliki skema yang berbeda di tiap produknya, oleh karena itu Sobat harus memahami dengan teliti syarat dan ketentuan sebelum menandatangani kontrak kredit. Promo kredit mobil murah mungkin terdengar baik tapi bisa saja ada skema lain dengan judul lain yang bahkan bisa lebih menguntungkan dari program promo. Selain itu Sobat harus menghitung besaran uang muka, angsuran tiap bulan, bunga, dan denda yang bisa dikenakan. Jangan lupa untuk memilih tenor yang masih aman untuk jangka waktu dan besaran angsurannya.

Bagi Sobat yang sedang mencari kredit mobil bekas aman dan sudah terdaftar OJK, Sobat bisa pilih produk Pembiayaan Carfin dari SMS Finance. Persyaratan mudah dan memiliki jangka waktu atau tenor yang fleksibel sampai 4 tahun.

Sesuaikan Tipe Mobil dengan Kebutuhan

Selain menyesuaikan mobil dengan kondisi keuangan, Sobat juga perlu memilih mobil berdasarkan kebutuhan. Sebagai contoh, Sobat sudah berkeluarga dan memiliki tiga anak, maka mobil yang cocok untuk Sobat adalah mobil dengan jenis Minivan atau MPV karena memiliki ruang cukup luas dan memiliki kapasitas yang lebih besar. Namun apabila Sobat menggunakan mobil untuk transportasi harian saja, mobil jenis city car bisa menjadi pilihan.

Perkirakan Harga Jual Kembali

Nilai harga bergerak akan selalu turun, hal ini juga berlaku untuk mobil karena setiap tahun pabrikan akan terus mengeluarkan model baru dengan inovasi dan fitur yang biasanya merupakan perkembangan dari seri sebelumnya. Hasilnya mobil yang dibeli tahun ini, harganya akan menyusut tahun depan dan seterusnya. Umumnya nilai mobil akan berkurang kurang lebih 15% setiap tahunnya, tapi untuk beberapa model bisa jadi nilainya akan tetap tinggi atau bahkan naik jika unit memiliki reputasi bagus dan langka.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli mobil agar tidak tergoda promo kredit mobil murah yang banyak tersedia saat ini. Sedang mencari produk pembiayaan yang aman? Sobat bisa pilih SMS Finance karena merupakan perusahaan pembiayaan yang diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Download segera aplikasi SMS Finance di Google Play Store, ya.