Login

Tips Mencicil mobil Agya yang Perlu Anda Ketahui

11 Dec 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/jakarta-indonesia-march-2023-all-new-2275880757

Saat ini mobil menjadi salah satu kebutuhan banyak orang. Namun, harga mobil yang semakin meningkat menyebabkan tidak semua orang bisa membelinya secara langsung. Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan ini, banyak orang memilih untuk membeli mobil dengan cara kredit. Akan dijelaskan secara lengkap apabila sobat tertarik untuk mencicil mobil, dibawah ini tips cicilan mobil Agya:

Menghitung Harga Mobil

Pertama-tama kita harus mengetahui harga mobil. Toyota Agya yang baru sekitar 150 jutaan. Harga mobil akan menjadi faktor pertama dalam menentukan cicilan yang akan terasa ringan dan nyaman.

Uang muka

Nilai yang dikeluarkan terlebih dahulu untuk pembelian mobil dengan kredit biasanya disebut dengan uang muka atau down payment. Biasanya uang muka yang diminta kurang lebih sekitar 25%-30% dari harga mobil yang dibeli.

Pilih tenor yang tepat

Tenor atau durasi cicilan membantu Sobat menentukan besar cicilan mobil Agya setiap bulannya. Semakin lama durasi cicilan, maka cicilan mobil Agya yang harus dibayar setiap bulannya semakin kecil, namun juga semakin besar total bunga yang harus dibayar. Nah, untuk memilih tenor yang tepat, kita harus mempertimbangkan kemampuan untuk membayar cicilan setiap bulannya.

Hitung bunga yang dibebankan

Setiap pengguna kredit pasti akan dikenakan bunga. Mulai dari bunga flat, bunga efektif, hingga bunga mengambang. Penting untuk menghitung bunga yang akan dikenakan karena bunga menjadi penentu besarnya cicilan mobil Agya.

Hitung besar cicilan bulanan

Setelah mengetahui harga mobil, uang muka, tenor, dan bunga, kita akan bisa menghitung besar cicilan bulanan. Besar cicilan bulanan sebaiknya tidak boleh melebihi 30% dari penghasilan bulanan kita agar tidak terlalu memberatkan keuangan.

Persiapkan dokumen yang dibutuhkan

Jika semua sudah sesuai dan sepakat, Sobat akan diminta untuk menyediakan dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengajuan cicilan mobil Agya. Sobat akan diminta untuk melengkapi antara lain Foto Copy KTP, NPWP, SIUP, dan Domisili Perusahaan.

Cek kembali pelunasan

Jangan pilih cicilan yang terlalu lama. Alangkah baiknya jika mengambil cicilan kurang dari 5 tahun. Atau jika ada uang lebih, bisa dilakukan pelunasan sewaktu- waktu. Karena biaya bunga yang mesti dibayar menjadi lebih rendah.

Jadi kesimpulannya, dalam membeli mobil secara kredit  ada beberapa faktor yang perlu dihitung sebelum menentukan besar cicilan yang akan dibayar setiap bulannya. Namun, perlu diingat bahwa ketika memutuskan untuk membeli mobil secara kredit, maka Sobat harus bisa mengatur keuangan dengan lebih baik agar tidak terlalu memberatkan keuangan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian yang sedang mencari referensi seputar tips cicilan mobil Agya.

Nah, jika Sobat Ingin membeli mobil bekas tapi memiliki dana terbatas? Sobat tidak perlu khawatir karena Sobat bisa mengajukan pembiayaan dari lembaga keuangan yang berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yakni SMS Finance. Prosesnya juga terbilang cepat dengan persyaratan mudah.