Login

Tips Menentukan Tenor Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB agar Pembayaran Lancar

08 Aug 2023

https://www.shutterstock.com/image-photo/agent-broker-man-holding-document-showing-1576308967

Saat ini pinjaman dana tunai jaminan BPKB mobil semakin populer karena prosesnya yang cepat, bunga rendah, dan tenor atau jangka waktu pinjaman yang fleksibel. Jangka waktu angsuran ini disebut dengan tenor, Sobat mungkin sudah pernah mendengarnya. Tenor sendiri diberikan pada peminjam setelah ada kesepakatan antara peminjam dan lembaga penyedia pinjaman di awal perjanjian kredit. Jadi peminjam harus membayar angsuran dan melunasi angsuran pada tenor yang telah ditentukan.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman, Sobat perlu memperhatikan beberapa hal terkait tenor pinjaman agar pembayaran lancar dan tidak memberatkan arus keuangan Sobat. Berikut ini adalah tips menentukan tenor pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB agar pembayaran lancar tanpa gangguan.

Ketahui Jenis-Jenis Tenor

Sebelum membahas tips menentukan tenor yang efektif, Sobat harus mengetahui jenis-jenisnya terlebih dahulu.

1. Tenor Panjang

Tenor panjang adalah tenor yang memiliki masa angsuran yang cukup lama hingga 4 tahun. Umumnya tenor jenis ini dipilih saat mengajukan pinjaman yang bernilai cukup besar agar angsurannya terbagi menjadi banyak bagian kecil. Properti dan kendaraan bermotor biasanya yang paling sering menggunakan tenor ini.

2. Tenor Pendek

Tenor pendek merupakan tenor yang memiliki waktu pengembalian yang relatif singkat. Biasanya jangka waktu tenor pendek paling lama adalah 3 tahun dan paling pendek bisa hanya 1 bulan. Biasanya transaksi yang menggunakan tenor pendek adalah transaksi yang bernilai tidak terlalu besar. Untuk dana tunai dengan jaminan BPKB cukup sering menggunakan jenis tenor ini karena nilai yang relatif rendah dibanding tenor panjang seperti KPR.

Evaluasi keuangan Anda

Sebelum mengajukan pinjaman dana tunai jaminan BPKB, pastikan untuk mengevaluasi arus keuangan Anda terlebih dahulu. Hitunglah pendapatan dan pengeluaran bulanan Anda secara cermat, mulai dari biaya cicilan kartu kredit, bayar listrik, biaya makan, asuransi, transportasi hingga biaya tidak terduga lainnya. Tujuannya agar Anda dapat menentukan berapa besaran jumlah pinjaman yang dapat Anda bayar setiap bulan.

Pertimbangkan Jangka Waktu

Tips menentukan tenor pinjaman dana tunai jaminan BPKB berikutnya adalah dengan mempertimbangkan jangka waktu pinjaman sesuai dengan kemampuan. Jika Sobat ingin melunasi pinjaman dalam waktu cepat, maka tenor pinjaman pendek bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun, jika Sobat merasa keberatan dengan jumlah angsuran yang besar, maka Sobat bisa memilih tenor yang panjang karena angsurannya akan jauh lebih kecil.

Nah, bagi Sobat yang sedang mencari pinjaman dana tunai dengan tenor yang fleksibel hingga 4 tahun, Sobat bisa memilih produk Pembiayaan Sobat dari SMS Finance. Prosesnya tergolong cepat. Yuk, cek sekarang.

Perhatikan Bunga Pinjaman

Nah, salah satu faktor yang menentukan panjang atau pendeknya tenor datang dari suku bunga pinjamannya. Umumnya, jika Sobat memilih tenor pinjaman jangka panjang, maka suku bunga yang akan dikenakan juga semakin tinggi. Sedangkan, semakin pendek tenor pinjaman yang Anda pilih, maka akan semakin rendah suku bunga yang akan dikenakan. Pastikan pilih tenor pinjaman yang dapat memberikan bunga sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Simulasikan Pembayaran Cicilan

Selain beberapa tips menentukan tenor pinjaman dana tunai jaminan BPKB yang telah disebutkan di atas, melakukan simulasi pembayaran angsuran dapat membantu Sobat menentukan tenor pinjaman yang sesuai. Gunakan kalkulator pinjaman dana atau software spreadsheet untuk menghitung jumlah angsuran pinjaman yang harus dibayarkan, termasuk biaya bunga serta biaya administrasi.

Jangan Lupa Bayar Tepat Waktu

Setelah Sobat memilih tenor pinjaman dana tunai yang sesuai, pastikan Sobat membayarnya dengan tepat waktu. Usahakan jangan sampai terlambat bayar cicilan atau angsuran karena hal ini akan membuat Sobat dikenakan bunga dan denda yang lebih tinggi. Coba periksa kondisi finansial Sobat sebelum mengajukan pinjaman, jadi pembayaran utang akan lancar dan tanpa gangguan.

Dengan mengetahui beberapa tips menentukan tenor pinjaman dana tunai dengan jaminan BPKB yang telah disebutkan di atas, Sobat jadi bisa memilih waktu tenor yang paling sesuai dengan kondisi finansial dan kebutuhan Anda. Bagi Sobat yang mencari perusahaan pembiayaan dengan proses cepat dan bunga fleksibel, bisa memilih produk pinjaman dari SMS Finance, ya.  Download segera aplikasi SMS Finance di Google Play Store.